masdoe.com» Modifikasi Motor» Kelemahan Honda Mega Pro

Kelemahan Honda Mega Pro

Honda New Megapro adalah motor terbaru dari pabrikan Honda yang diharapkan mampu bersaing di kelas motosport , lawan yang sekompitetor dengan Byson maupun Vixion dari merk Yamaha.

Kita ngerti sendiri kan, bagaimana ketatnya persaingan antara Honda dan Yamaha di Indonesia. Jika dalam dekade sebelumnya, Honda selalu memimpin dalam jumlah penjualan, maka pada 2010 bisa dibilang menjadi tahun terburuk dimana Yamaha berhasil menyalip di hampir semua lini, terutama di kelas motosport.

Honda hanya mampu mempertahankan dominasinya di kelas bebek. Hal ini sangat wajar mengingat Honda terkesan minim inovasi, berbeda dengan Yamaha yang merangsek maju dengan terobosan-terobosan di bidang desain maupun piranti mesin.

New Megapro mengusung teknologi terbaru Honda, dengan kapasitas mesin 149,2 cc diperkirakan mampu menjaga tenaga mesin sebesar 10,1KW atau sekitar 13PS. Tentu saja masih di bawah performa Yamaha Byson yang berkapasitas 153.0cc dan tenaga maksimum 14 PS, maupun Yamaha Vixion yang berkapasitas 149.8 cc.

Namun, New Megapro dianggap mampu meruntuhkan stigma Honda sebagai pabrikan yang abai terhadap desain, karena tipe ini terbilang ‘gemar bersolek’ dengan desain modern, tidak lagi konservatif sebagaimana ‘dandanan’ tipe Honda yang lain.

Lihat saja, bodinya yang kokoh ditunjang dengan oleh lekuk tangki sporty dan memanjakan pengemudi, ditambah air scoop, mangkuk lampu futuristik, dan monoshock untuk suspensi belakang.

 

Honda new megapro top speedSpesifikasi

Tipe mesin 4 langkah, OHC, pendinginan udaraPerbandingan Kompresi: 9,5 : 1Daya Maksimum: 10,1 kW / 8.500 rpmTorsi Maksimum: 12,8 Nm / 6.500 rpmTipe rangka: Pola Berlian (diamond steel)Suspensi belakang: Tunggal (monoshock) dapat di setel keras dan lembutRem depan: Cakram hidrolik, dengan piston gandaRem belakang: Cakram hidrolik dengan piston tunggalGigi Transmisi: 5 kecepatan dengan pola Pengoperan Gigi : 1-N-2-3-4-5Busi: NGK CPR8EA-9 / NGK CPR9EA-9Sistem Pengapian : DC – CDICDI


Kelebihan

New Megapro memiliki desain kokoh dan nyaman untuk berkendara. Kombinasi antara posisi setang tinggi dengan letak posisi kaki yang hampir searah lutut, membuat motor ini sangat gesit dan lincah. Memiliki akselerasi yang cukup bagus untuk berkendara di tengah kemacetan, sebab memiliki mesin yang cukup responsif. Disk brake yang digunakan pada sistem pengereman belakang menjamin keamanan karena laju motor mudah dikendalikan. Suspensi monoshock belakangnya bisa disetting keras dan lembut.Spare part Megapro sangat fleksibel untuk ditukar-tukar dengan GL Max, GL Pro, maupun Tiger. Jadi apabila ada kerusakan, spare partnya mudah disediakan.
Kekurangan

Kelemahan yang paling menonjol pada Megapro adalah top speed-nya yang hanya mencapai 125km/ jam. Dengan rasio putaran mesin yang terbilang pendek namun menggunakan gigi persneling lima percepatan, kecepatan 80 km/ jam dicapai pada gigi terakhir, pada putaran mesin 5.000 rpm. Walaupun stabil, namun untuk menuju ke top speed, motor terasa ngoyo. Dalam kecepatan 110 km/ jam, kemudian menikung dengan posisi loss gas, motor menjadi kurang stabil dan goyang. Bahan bakar juga terbilang cukup boros jika dibandingkan dengan Vixion. Silinder mesin Megapro memang besar, tapi rasio kompresi terendah : 9:1 menyebabkan tenaga maksimal yang dihasilkan hanya sebesar 13,3 Daya Kuda, bandingkan dengan Vixion yang mencapai 14,7.Dengan spesifikasi tersebut di atas, harga Megapro termasuk ‘kurang bersahabat.’
Namun, walaupun memiliki kelemahan seperti tersebut di atas, berdasarkan pengalaman lapangan, Megapro cukup tangguh untuk perjalanan jauh. Hal ini sebanding dengan reputasi mesin Honda pada umumnya, semakin panas mesin maka semakin stabil.

dan seperti biasanya, saya akan mengucapkan “semua kembali pada selera konsumen masing masng” :) karena semua motor pabrikan dari manapun pasti akan memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing dibidangnya.


Bagikan Posting ini Ke :

22 Responses to “Kelemahan Honda Mega Pro”

  1. Dazzler Says:

    Semua Kmbali ke Induvidual masing2 gan,, sblm ny ane pake Vixion, trz vixion ane di pakek adex ane, jd ny ane ambil New mega pro,, Ane Sangat2 g setuju dgn pernyataan klemahan pling menonjol trltak pd Topspeed, lg2 topseeed.ya, pngalaman ane pake NMP emg Bgtu 122 kpj,, udh brat utk naek lg,, TP ANE G SETUJU PERNYATAAN YG MENYEBUTKAN TOPSPEED HANYA MENCAPAI 120 KM/Jam.itu Sangat2 Lah Bodoh! Spngalaman Ane pake vixion, Jztru 110 kpj ke atas Udh brat.Tiap Mtor Bda2 Kang, Mangka ny ane Sangat2 g setuju ma prnyataan topspeed yg hanya mncapai 120 km/jam, jlaz itu Pembodohan Publik,


  2. Dazzler Says:

    http://www.otomotifnet.com/microsite/newmegapro/berita-22-new-megapro-tembus-135km-per-jam-belum-top-speed-lho.html

    Nah Klo prnyataan di atas,.?? Anda pzti Tdk setuju,,, Harap dikoreksi kembali kung, dgn mnuliz pernyataan klemahan ny dp topspeed yg hny 120 km/jam,, Hanya Mencapai….. mhon di koreksi ulang,, ane g memihak ATPM mnapun.ini cuma masukan aja, krna skrg smua org udh tau klo kcepatan tiap mtor berbeda wlpn mtor itu sama.sekian Kritikan dri saya,,, semoga mhon diperhatikan,, mslh topsped itu relatif berbeda.. sekian..


  3. aldo Says:

    ya udah lah mas bro :)
    kalau memang mau bantu koreksi ya silahkan, yg penting stay calm :)
    pasti ane koreksi juga kok kalau ada masukan dari agan agan.
    oke mas bro ?

    salam kenal, n thanks udah mampir diblog ane gan :)
    sekali lagi thanks gan ;)


  4. Alfahraz Says:

    Betul bro, NMP ku capai 126 km/jam


  5. dodol Says:

    NMP ku goyang-goyang, dikerasin diperut sakit……


  6. sigit herbal Says:

    Kalo Saya Dari Pada Body Gua Lebih Mentingin Ketahanan Mesin. Dengan Mengutip Catatan diatas “Semakin Panas Mensin Maka Semakin Stabil”.

    maka jelas gua lebih srek ma HONDA,


  7. aldo Says:

    sip.

    thanks dah mampir dan berkenan komentar bro :)


  8. gw sih demen honda....mesin bandel....yamaha mesin banci Says:

    ..ooooooooohh


  9. Bram Says:

    motor2 skrg sih ga ada yg bsa dibanggakan..akselerasi sih emang yahud tp rpm atasnya parah.

    ga kya King 93 yg dlu pernah ane punya. keadaan standar akselerasi ngacir top speed jg 160kpj msh enteng diraih!

    ya semua itu krna mesin2 mtr skrg banyak yg di spek down. contohnya pemakaian material alumunium untuk blok mesin, emang sih lebih enteng tp lebih cepat memuai walaupun sebenernya alu lebih tahan panas dibanding besi. rekayasa teknologi yg lebih maju justru malah mengorbankan beberapa item diantara power mesin yg ga imbang sama bodynya. bandingin ajalah Tiger Revo sama yg keluaran pertama ’94 klo kondisi sama2 mesin sehat diadu jg yg 94 masih masuk 160kpj. soalnya ane pernah tes ride Tiger 94.

    selain itu apalagi klo bukan kadar emisi pd motor2 skrg lebih ditekan lg..ibarat org badan gede tp disuruh makan nasi sama tempe minumnya air putih dibanding dulu makannya nasi daging susu. :P

    semua motor2 skrg itu adalah produksi Asia Tenggara..
    Indonesia, Malaysia, Thailand dan Filipina masing2 bikin konsep dan material. ajukan ke Jepang, setelah dapat approval dari Jepang , baru naik produksi. jadinya udah ga murni Jepang lg material2 mesinnya. walaupun udah buatan sini tetap perlu ditilik sama Jepang sbg prinsipal yg ga mau mutu produknya jatuh.

    ga lain dan ga bukan semua itu adalah upaya utk menekan harga supaya tetap terjangkau dipasaran Asia Tenggara. ga cuma motor2 koq mobil jg gtu.


  10. aldo Says:

    sip


  11. aldo Says:

    mantap bro testinya.
    hampir sepanjang postingan saya :D

    sip, memang bener.
    contoh simpelnya saja lihat mesin honda PRIMA yg masih asli buatan jepang.
    sampai sekarang aja tuh motor bener2 masih prima.

    reference : motor dirumah :D


  12. Eko Sutrisno Says:

    setuju mas bram… motor sekarang gak sehebat motor dulu yang larinya minta ampunn,, nah klo motor sekarang waduh menang tampilan doang nah klo minta yang kayak jaman dulu yang larinya kenceng hanya miimpi karena klo pun ada haraganya pasti diatas 30 jt. padahal orang indonesia pada umumnya menyatakan harga segitu sudah mencolok mata. mudah-mudahan ada pemerinyah mau membuat lapangan kerja yang banyak disrluruh negeri ini dan bergaji tinggi pula sehingga dapat digunakan membeli motor kayak cbr1000r. hehehhe tambah mimpi lagi ni.. toh jika dihitung lagi orang yang mampu membeli ni motor jg akan menguntungkan negara yaitu dengan membayar pajak yang sangat mahall.. ok cooy ‘


  13. aldo Says:

    sip.
    .
    thanks dah mampir bro.


  14. Adi GL-Max Says:

    “sparepart megapro sangat fleksibel untuk ditukar2 dengan glmax,glpro maupun tiger”

    betul itu masbro,tapi cuma sampai di megapro advanced aka primus,karna basis mesin yg sama…

    tapi tidak utk megapro inspektur vijay ini…
    mesin yg sama sekali berbeda menutup kemungkinan substitusi part dgn keluarga GL125,GL160 sampai GL200

    kalaupun ada yg cocok,kemungkinan cuma bbrp part macam oil seal dll


  15. Achmad Nangim Says:

    mega pro motornya emang nyaman dikendarai, fleksibel, sefty riding. performa nya lumayan karena cc gede 150+ irit BBM. tp karena irit itu yang menjadikan perfoma di Percepatan Atas ( sped 5) seakan tidak ada tenaganya. beda dengan GL MAX 125 2002 kebawah yang cc lbh kecil tapi perfoma atasnya maxsimal, bisa 125 Kl/J, tp gigi 1-3 tenaganya emang agak lemah. konsumsi BBM 1:29 lumayan boros ketimbang mega pro 1:47. untuk motor 4 langkah standard emang motor setelah GL Max ini jarang yang bisa lari menyamai cc nya. kecuali kalau sudah di upgrade. cuzzzzz


  16. Liya Says:

    November 23, 2011 footstepnya apa gak bikin ketalian cacat bro? cuz dlu punya megapro di model sport naked bike harus ganti footstep nya tiger supaya jadi ok


  17. tanto Says:

    anda harusnya lebih cerdas lg pak,NMP hrsnya dikomparasi dg byson,bukan dg vixion. Secara tteknologi jg gak seimbang. Dari judul,dari kata2 anda,anda terlalu memuji salah satu merek. Harusnya anda lebih fair dan netral. Tentang performa,semua sudah tau bahwa NMP lebih unggul dibanding byson,kalau soal handling memang lebih yahud byson. Itu fakta dilapangan pak..


  18. tanto Says:

    Data-data yang anda kumpulkan juga kurang akurat. Maaf jika saya mengkritik,mudah-mudahan dapat membangun.


  19. aldo Says:

    thanks bro kritiknya membangun.
    saya bikin posting ini jg saran dari beberapa email yg masuk yg menanyakan tentang topik ini bro.

    :)


  20. Rioden Says:

    Artikel lama tp ane baru baca skarang…wkwk
    mnurut saya jangan terlalu menekan suatu kelemahan produk dalam postingan, soalnya tiap motor bisa beda spek & tentu ridernya jg beda, yg nyalinya gede pasti gampang ngeraih topspeed sampe mentok ,,
    tergantung area testing, dibandingkan dg artikel byson kelemahan NMP terlihat agak ditonjolkan sedangkan byson hanya sekelumit yg wajar ada pada motor umumnya,,
    saran aja lebih baik tidak memposting hal yg sifatnya relatif,.. jd yg de facto aja :D
    over all it’s Ok :)


  21. erry Says:

    Cpaa bilang top speed’a cuma smpe 125Km/Jam?? Honda New Megapro punya saya menempuh 134Km/Jam enteng & anteng tuuu……


  22. Herry Says:

    masalah top speed maupun akselerasi juga sangat dipengaruhi oleh kemampuan rider, kondisi dan situasi jalan, dll. jadi tidak semata-mata karna kemampuan motor.


Leave a Reply

XHTML: Untuk Komentar, Kamu dapat menggunakan kode : <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


1 − 1 =