Persaingan Pasar Motor Indonesia

Siapa sih yang nggak ngerti, kalau negeri kita adalah negeri konsumen terbesar didunia.  segala macam barang mayoritas impor. karena barang barang tersebut memang tidak diproduksi didalam negeri. salah satu contoh yang paling kentara terdapat di bidang transportasi. lihat saja dijalanan, semua kendaraan bermerek luar. tentu saja, negara kita menjadi “lirikan” bagi negara negara produsen seperti jepang, us, bahkan china. Persaingan pun berjalan begitu ketat.

disini saya akan mempersempit sudut pandang, dimana saya hanya akan membahas tentang Persaingan Pasar Motor Indonesia.

Harga bensin akan naik. Motor jenis bebek dan motor jenis lainnya akan menjadi pilihan. Motor yang bisa bermanuver di jalanan macet dan juga lebih irit dalam pemakaian bahan bakar bila dibandingkan dengan mobil, akan semakin terdongkrak penjualannya. Paling tidak ada 4 produsen sepeda motor yang telah mengeluarkan jenis-jenis sepeda motor yang begitu beragam.

Ke-4 Produsen Motor dan Posisinya di Mata Masyarakat

Honda sepertinya masih mendominasi jenis-jenis sepeda motor yang beredar di Indonesia. Yamaha menjadi pemain berikutnya dengan berbagai jenis motor baru. Iklan gesit Yamaha yang melibatkan para pembalap tingkat dunia telah banyak menyedot perhatian masyarakat. Apalagi untuk beberapa varian, bentuk dan iritnya pemakaian bahan bakar, tidak begitu berbeda dengan motor keluaran Honda.

Suzuki dengan moto ‘Inovasi tiada henti’ cukup terseok untuk mengejar kedua varian yang disebutkan di atas. Apalagi, Kawazaki yang tetap berusaha menjual motor dengan merek KZ-nya.

Kestabilan yang digembor-gemborkan Kawazaki ternyata masih belum mampu berbuat banyak dalam menarik perhatian masyarakat. Harga purna jual Kawazaki menjadi salah satu pertimbangan mengapa masyarakat tidak memilih merek ini dan tetap beralih pada Honda yang mempunyai harga jual paling tinggi.

Ada juga para pemain baru yang coba-coba merebut sedikit “kue” bisnis permotoran di Indonesia. Sebut saja, Bajaj dari India yang menjual motor laki-laki yang  ber-body cukup gagah dengan harga motor bebek keluaran Honda atau Yamaha. Atau para pemain motor Cina seperti Jialing yang kini tidak banyak terdengar lagi.

Dua Pemain Besar yang Saling Bertempur di Arena Pasar Motor

Honda

Honda sangat terkenal dengan pemakaian bahan bakar yang irit, tarikan mesin yang mudah dan ragam motor yang sangat menarik. Bila diperhatikan, motor-motor Honda masih menjadi pilihan favorit masyarakat Indonesia. Honda sudah mengeluarkan motor bebek dengan berbagai tipe, seperti Honda matic dan Honda Supra X yang sangat laris di pasaran.

Bahkan, motor Honda model VRF1200F dinobatkan sebagai sepeda motor touring sport terbaik (best motorcycle sport tourer) 2010 oleh Motor Cycle News (MCN). Dalam arena balapan motor GP, Honda bukanlah pemain kelas dua. Beberapa kali pembalap Honda naik podium. Inilah bukti ketangguhan produsen sepeda motor yang mempunyai slogan “One Heart”.

Yamaha

Melalui motor andalannya Mio yang sangat diminati oleh masyarakat, kini Yamaha semakin percaya diri untuk lebih banyak menjual sepeda motornya. Bahkan, motor matic Yamaha lebih mahal dibandingkan punya Honda. Rasa percaya diri ini sangat ditopang dengan iklan yang gencar sehingga merek-merek motor Yamaha lebih terpatri di hati masyarakat.

Yamaha juga mengeluarkan motor sport touring, seperti varian R6 dan Scorpio yang tidak hanya disukai oleh anak-anak muda, tapi juga para lelaki berumur yang masih sanggup touring juga memilih motor jenis ini. Tampilannya yang gagah apalagi warna hitam, membuat motor ini cukup diminati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dijawab dulu yaa... *