Tips Aman Mudik Mengendarai Motor

Tips Aman Mudik Mengendarai Motor.

 

arus mudik

 

Lebaran sudah tiba beberapa hari lagi. Sudah menjadi tradisi warga di Indonesia melakukan rutinitas mudik. Ya, mudik atau perjalanan pulang ke kampung halaman untuk bertemu dengan sanak saudara yang sudah tidak lama bertemu menjadi pemandangan yang sangat biasa menjelang Hari Raya Idul Fitri.

 

Selalu saja tiap tahun di jalan utama penguhubung antar kota/provinsi terlihat padat bahkan hingga macet. Terlihat banyak pengendara motor yang membawa ransel2 besar, mobil2 dengan barang bawaan yang sampai ditaruh di cap kendaraan, kendaraan umum yang selalu penuh dll terlihat menghiasi jalan raya. Resiko terjadi kecelakaan pun sangat rentan.

 

Nah untuk mengantisipasi segala kemungkinan buruk, Masdoe.com berikan beberapa Tips Aman Mudik Mengendarai Motor. Berikut beberapa tips tersebut.

 

1. Cek Kondisi Motor/Kendaraan.

servis mudik

Periksa seluruh bagian motor, pastikan semua dapat berfungsi dengan baik. Kalau perlu, bawa motor anda ke tukang servis/bengkel beberapa hari sebelum anda mudik, ini penting untuk mengantisipasi apabila setelah di servis ternyata masih ada beberapa bagian yang belum normal, masih ada waktu untuk dibawa lagi ke bengkel. Bayangkan apabila anda servis 1 hari sebelum jadwal mudik ternyata motor malah harus menginap di bengkel, nah lo !

 

Setelah dari bengkel, disarankan untuk di cek lagi sendiri, tukang servis juga manusia, lalai mungkin saja terjadi.

Dibawah adalah beberapa bagian yang perlu diperhatikan :

  • Cek apakah bensin anda cukup untuk perjalanan mudik anda ?
  • Cek apakah oli anda cukup dan bersih ?
  • Cek apakah ban motor anda cukup angin ?
  • Cek ketegangan rantai ?
  • Cek apakah knalpot anda keluar oli ? apakah suara motor anda halus ?
  • Cek pedal rem tangan dan kaki berfungsi dengan baik ?  apakah minyak rem cukup ?
  • Cek lampu depan, sein kanan kiri, lampu belakang, lampu rem menyala ?
  • Cek apakah air aki dalam keadaan cukup dan berfungsi ?
  • Cek Mur dan baut mesin/body sudah lengkap dan rapat ?
  • Cek kondisi ban apakah gundul ?

Terlebih untuk anda yang motornya dalam kondisi modif, ban kecil, spion dilepas, dll, sangat disarankan untuk dikembalikan lagi ke dalam kondisi standart terlebih dahulu ! Nanti setelah mudik, baru pasang lagi, tapi tetap usahakan ban besar ya ! :D

2. Kelengkapan Surat-Surat

stnk sim mudik

Pastikan surat kendaraan (STNK) dan surat ijin mengemudi (SIM) dan KTP sudah dibawa, jangan sampai ketinggalan, apalagi salah bawa punya teman, istri, anak, atau tetangga. Tidak jarang dalam perjalanan mudik terdapat razia oleh Polisi, jadi perjalanan anda akan tetap lancar dan tidak perlu was-was.

 

3. Gunakan kelengkapan berkendara

pakaian mudik

Pakailah perlengkapan berkendara, jaket tebal/kulit, sarung tangan, sarung muka, helm SNI, sepatu, pelindung dada. Selain memberikan perlindungan tubuh juga memberikan rasa nyaman dalam berkendara terlebih untuk sarung muka, karena akan menghindarkan kita dari debu dan asap.

 

4. Dilarang membawa barang berlebihan.

muatan lebih mudik

Sangat disarankan untuk tidak membawa barang secara berlebihan. Hal tersebut akan sangat menggangu dalam manuver berkendara. Beban kendaraan juga semakin berat. Banyak Masdoe.com jumpai pengendara sudah berbonceng tiga, masih saja dibagian belakang ditambahi alas kayu untuk penopang barang bawaan.

 

Alangkah baiknya apabila sebagian anggota keluarga menggunakan kendaraan umum, dan barang bawaan lain semisal oleh-oleh bisa di paketkan melalui jasa ekspedisi. Memang sih akan keluar ongkos mudik lebih besar, tapi keselamatan tetap jauh lebih berharga :)

 

5. Istirahat

rest area mudik

Jamak di jumpai di jalur jalur mudik terdapat rest area dengan fasilitas yang sangat nyaman untuk tempat istirahat, tak sedikit yang menyediakan jasa pijat, sangat berguna bagi pemudik yang merasa letih untuk dapat kembali segar. Penting lho ! konsentrasi bisa berkurang apabila kondisi tubuh kita lelah.

Apabila susah menemui rest area, beristirahatlah di tempat yang aman, tempat ibadah mungkin bisa jadi alternatif. Atau tempat-tempat yang dekat dengan pos polisi akan memberikan keamanan yang lebih baik.

Pada saat istirahat, perhatikan barang bawaan anda, kunci motor anda, helm dll. Jangan sampai terlepas dari pantauan.

 

6. Berangkat Bersama Rombongan atau rame-rame.

mudik rombongan

Nggak ada loe nggak rame ! Semboyan tersebut sangat cocok untuk pemudik. Dengan mudik berombongan akan mencegah aksi kejahatan, selain itu apabila terjadi masalah dijalan bisa saling membantu. Ada juga tuh acara mudik rombongan yang biasanya diadakan pemerintah setempat, Nah biasanya kalo resmi begitu nanti di kawal polisi, enak kan ? aman dan nyaman.

Tapi perlu di ingat, mengendarai secara rombongan juga butuh konsentrasi tinggi, jadi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  • Melaju dengan kecepatan konstan.
  • Jaga jarak. jangan berada tepat di belakang kendaaraan depan karena area pandang akan terbatas, dan apabila yang di depan mengerem mendadak akan kesulitan menghindar, berkendaralah sedikit ke samping.
  • Setelah mendahului, pastikan rombongan dibelakang yang juga ikut mendahului untuk segera diberi ruang. Hal tersebut akan sangat penting apabila dari arah berlawanan ada kendaaraan lain jadi rombongan yang dibelakang bisa segera masuk ke dalam.
  • Apabila anda tertinggal oleh rombongan, jangan panik ! woles (santai) saja ! Jangan terlalu memaksakan diri untuk ikut mendahului jika feeling anda merasa tidak sanggup.
  • Untuk yang di depan, perhatikan rombongan belakang, jangan sampai terlalu jauh meninggalankan yang belakang.

 

7. Dilarang Ngebut.

Kendaraan dalam kondisi baik dan sudah memakai peralatan lengkap berkendara lalu berasa seperti pembalap akhirnya anda malah ngebut ?? Sama aja percuma itu namanya ! Kalo ngebut selisih berapa menit sih ? Sama aja ! Jadi jangan ngebut, memacu kendaraan di jalan raya secara berlebihan akan membahayakan diri sendiri dan orang lain. Berkendaralah dengan tenang dan santai.

 

8. Hafalkan Rute Mudik.

peta mudik

Pastikan anda sudah hafal dengan jalur mudik yang akan anda lalui untuk mengindari resiko nyasar. Apabila perlu, cari berita dan pantau terus perkembangan jalur mudik yang akan anda lewati. Buat catatan kecil rute mudik anda, Kalo anda memakai Smart Phone, gunakan GPS dikala membutuhkan, atau kalo perlu bawa PETA.

 

 9. Jadwal Mudik.

Untuk menghindari kepadatan lalu lintas yang berlebih, sebisa mungkin hindari puncak arus mudik sehingga perjalanan bisa lebih cepat dan tanpa hambatan berlebih. Terkadang para pemudik memilih berangkat malam hari untuk menghindari kepadatan arus lalu lintas siang hari, tapi perlu diperhatikan jangan sampai anda mengantuk. Keamanan mudik malam hari juga lebih rentan.

 

10. Kesehatan.

kesehatan mudik

Semua tips tips diatas akan percuma apabila sang pengendara sendiri tidak dalam kondisi yang fit. Konsentrasi sangat penting dalam berkendara, jangan sampai anda mengantuk, sakit, kecapekan dalam perjalanan, sangat disarankan tidak memaksakan diri untuk mudik dengan berkendara apabila sakit, lebih baik menggunakan transportasi umum saja.

 

11. Berdoa.

berdoa mudik

Poin ini tak kalah pentingnya ! Sebelum melakukan perjalanan mudik, pastikan jangan sampai anda lupa berdoa untuk diberi keselamatan baik diri sendiri maupun penumpang lain sampai tujuan :)

 

Nah, itulah beberapa tips penting yang sering di abaikan pemudik dalam berkendara. Semoga bermanfaat buat para pembaca, Selamat Mudik dan semoga selamat sampai tujuan ya gaiss ! :D

 

Stay tunned terus di Masdoe.com

 

Tips Aman Mudik Mengendarai Motor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dijawab dulu yaa... *