masdoe.com» Modifikasi Motor» Tips dan Cara Merawat Rantai Motor

Tips dan Cara Merawat Rantai Motor

Tentunya anda semua udah ngerti kan, semua elemen dalam kendaraan bermotor itu sangat penting. semua bisa mengancam keselamatan dari pengendara jika tidak dilakukan perawatan secara benar dan berkala. lhawong yang berupa spion aja bisa mengancam nyawa. apalagi jika udah berhubungan dengan yang namanya mesin. seperti halnya rantai kendaraan.

Rantai motor adalah elemen sangat penting dari sepeda motor. Bersama roda gigi, ia mengalihkan tenaga dari dapur pacu ke roda motor. Rantai yang bermasalah bisa mempengaruhi laju motor Anda. Jadi, dalam perawatan sepeda motor, selain mesin, merawat rantai motor tak boleh luput dari perhatian. TIdak mengacuhkan bagian ini, bisa menimbulkan maut di jalan.

Dan dibawah ini akan masdoe.com berikan tips cara merawat rantai kendaraan yang baik :)

Rantai Kering

Hal pertama yang bisa menimbulkan masalah adalah rantai motor kering. Keringnya rantai bisa kita cek dari munculnya bunyi gesekan dari arah rantai. Kondisi ini membuat laju motor menjadi tidak stabil. Penyebab rantai motor kering bisa jadi karena malasnya kita melumasi bagian ini.

Penyebab lainnya bisa pula dari seringnya kita menerjang banjir, kubangan air yang membuat rantai mudah terkorosi. Cara mengatasinya sederhana. Berilah pelumas pada rantai yang kering. Di pasaran saat ini sudah banyak diperjualbelikan cairan yang khusus untuk melumasi rantai motor. Cairan khusus ini lebih mudah digunakan ketimbang mengoleskan oli bekas.

Rata-rata, pemakai sepeda motor memang lebih sering melumasi rantai motornya dengan oli bekas. Ini tidak salah. Yang keliru, jika pelumas untuk rantai tersebut memakai oli baru. Tingkat kekentalan oli baru tidak cocok digunakan pada bagian tersebut, efeknya rantai dan roda gigi bisa cepat aus dan rusak.

Rantai Kendor

Faktor penting lain dalam merawat rantai motor adalah jangan membiarkan rantai kendor. Rantai motor yang kendor akan berpengaruh pada stabilitas laju. Kondisi ini sangat berbahaya, karena kemungkinan rantai lepas sangat besar. Bayangkan, apa jadinya jika Anda tengah memacu motor dengan kecepatan tinggi dan tiba-tiba rantai lepas?

Kendornya rantai ini dipicu oleh roda gigi yang cepat tumpul di mana daya cengkeram roda gigi pada rantai menjadi berkurang. Mengencangkan rantai gigi pun ada aturannya. Secara sederhana, jika dipegang oleh tangan, rantai tidak terlalu tegang. Terlalu tegang, bisa menyebabkan rantai putus. Bahayanya kejadian ini terjadi saat Anda melaju, rantai yang putus bisa membelit pada roda gigi. Roda akan slip dan macet.

Mengencangkan rantai yang kendor tidak harus terus menerus dilakukan. Cek, jika roda gigi sudah sangat tumpul, dan rantai sering lepas, segera ganti dengan satu set roda gigi dan rantai.

Oh ya, dalam kasus rantai putus, misalnya, banyak bikers yang mengganti sementara rantai motor dengan ukuran yang tidak semestinya. Biasanya, ini terjadi jika bengkel motor tidak memiliki ukuran rantai yang pas. Untuk jangka pendek bolehlah Anda memakai rantai yang berbeda. Harap diingat, rantai yang ukurannya terlalu besar bisa membuat Anda berat dalam menggas motor.

Jadi intinya tetap sering-seringlah mengecek kondisi rantai motor Anda. Ingat, kenyamanan berkendara di atas segalanya.

Segini saja dulu deh tips merawat rantai motor, nanti akan saya berikan lagi tips tips simple yang lain. so, stay tunned on masdoe.com

Bagikan Posting ini Ke :

2 Responses to “Tips dan Cara Merawat Rantai Motor”

  1. Gandhi Says:

    Wah makasih infonya.
    Pelumas rantai emang perlu buat merawat rantai supaya gak cepat berkarat dan putuss.
    kalo saya juga pakai pelumas atau chain lube yang aman buat rantai O-ring dan sudah terbukti kualitasnya dikalangan anak motor.
    Saya pakai merk MAXE Chain Lube dan pembersihnya (MAXE Chain Cleaner) hehe


  2. aldo Says:

    owh gitu ya gan, mantep juga tuh perawatannya :-)
    lain waktu akan saya bahas lagi lebih mendalam tentang per-rantaian, hhe

    terima kasih juga ya mas sudah mampir dan berkenan untuk komentar di blog saya ini :-)


Leave a Reply

XHTML: Untuk Komentar, Kamu dapat menggunakan kode : <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>